Aplikasi “Polisi Kita”, Respon Cepat Polisi Untuk Warga Sumut

By Admin

nusakini.com--Sebagai upaya peningkatan pelayanan polisi terhadap masyarakat, dan juga sejalan dengan instruksi Presiden RI untuk pelaksanaan implementasi digitalisasi seluruh pelayanan publik di Indonesia, Kepolisian Daerah Sumatera Utara meluncurkan sistem aplikasi berbasis IT yang diberi nama "Polisi Kita" di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (5/2). 

Dalam acara launching aplikasi "Polisi Kita" yang juga dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa terbentuknya aplikasi layanan masyarakat tersebut merupakan penjabaran dari direktif bapak Presiden RI serta penjabaran program prioritas Kapolri dalam rangka peningkatan pelayanan yang mengedepankan kecepatan, akurat dan mudah dijangkau seluruh lapisan masyarakat. 

Selain dari itu untuk menghadirkan polisi ditengah masyarakat, dirinya mengatakan jika aplikasi tersebut dapat dipergunakan dimana saja dan kapan saja selama 24 jam. Nantinya jika masyarakat membutuhkan pelayanan yang ada dalam aplikasi tersebut maka kepolisian yang terdekat akan segera datang ke lokasi karena sudah terintegrasi diseluruh Polres di wilayah Sumatera Utara. 

"Ini sebagai bentuk kecintaan kami serta upaya polisi untuk mendekatkan diri pada masyarakat, menyayangi dan melindungi, maka kami hadirkan layanan yang mudah dijangkau kapan saja, dimana saja, serta dala genggaman dengan medownload untuk dapat berbagai pelayanan," katanya. 

Dirinya menjelaskan bahwa melalui aplikasi "Polisi Kita", masyarakat dapat secara mudah berinteraksi dengan jajaran kepolisian. Melalui fitur-fitur aplikasi "Polisi Kita" yang terdiri dari Fitur Respon Cepat dimana dengan fitur ini masyarakat dapat melakukan pengaduan secara cepat kepada kepolisian. 

Kemudian Fitur Pengaduan yang memfasilitasi permasalahan masyarakat yang berhubungan dengan Kamtibmas pelayanan publik pemda dapat secara cepat tertangani. Lalu Fitur Agenda dan Berita, dengan fitur ini memudahkan masyarakat mendapatkan informasi kegiatan kepolisian, pemda, jadwal penerbangan, dan lain-lain. 

Selanjutnya Fitur Tokoh Masyarakat yang memberikan kemudahan masyarakat untuk dapat berinteraksi dan mendapat bimbingan dari para tokoh masyarakat. Fitur lainnya ialah Call Center dengan keunggulan memberikan kesempatan pada masyarakat untuk menghubungi seluruh Polres di wilayah Sumatera Utara. 

"Kemudian ada Fitur City Guide dengan fungsi untuk mengetahui lokasi seluruh Polres, Polsek, dan fasilitas umum di seluruh wilayah Sumatera Utara. Dan yang terakhir Fitur Saber Pungli dengan kegunaan untuk pelaporan masyarakat yang mengetahui serta mengalami praktek pungli yang ada dalam layanan kepolisian daerah Sumut," ujarnya. 

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya layanan masyarakat berbasis IT dapat memberikan pelayanan prima dan memberikan kemudahakan akses masyarakat untuk turut serta berpatisipasi menjaga lingkungan masing masing. 

Kerja keras peluncuran aplikasi "Polisi Kita" oleh Kepolisian Sumatera Utara mendapat apresiasi oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dalam kesempatan tersebut ia berharap pelayanan yang diberikan oleh Polda Sumut dapat dirasakan masyarakat, sehingga ketika ada warga yang membutuhkan bantuan, pihak kepolisian dapat dengan cepat merespon permintaan tersebut. 

"Aplikasi ini sebagai bentuk perbaikan pelayanan publik, dengan demikian masyarakat yang membutuhkan pertolongan, petugas polisi dapat menangani, atau yang disebut juga dengan quick respon," ujarnya.(p/ab)